KEBERUNTUNGAN BELANDA

Publicado  Kamis, 08 Juli 2010

Keberuntungan Di Sisi Belanda
Belanda tak diunggulkan namun dinaungi keberuntungan sehingga bisa mencapai final Piala Dunia.

Keberuntungan dan memiliki pemain yang sudah bermain bersama cukup lama. Ini menjadi kekuatan Belanda sehingga bisa menembus final Piala Dunia 2010. Analisis itu diungkapkan mantan gelandang tim Oranje Clarence Seedorf.

"Tak ada yang memperkirakan bila Belanda mampu melangkah sejauh ini. Belanda memang sering kurang beruntung. Tapi kali ini, keberuntungan ada di sisi mereka. Keberuntungan adalah faktor yang sangat berperan saat banyak orang meremehkannya," ujar Seedorf.

Keberuntungan juga didapat oleh pelatih Bert van Marwijk. Pasalnya ia membangun tim dari para pemain yang sudah lama berkumpul dan bermain bersama. Meski tak ada lagi pemain bintang sekelas Ruud van Nistelrooy, Seedorf atau Edgar Davids misalnya, namun mereka yang dipanggil memang sudah sering bermain bersama.

"Tim ini tak memiliki pemain besar atau yang bertalenta. Tapi, mereka sudah bermain bersama selama empat tahun. Tim itu juga tak banyak berubah. Karena itu mereka sudah saling tahu satu sama lain," jelasnya.

Seedorf mengungkapkan Belanda dipastikan mendapat tekanan besar saat tampil di final. Namun ia yakin mereka mampu mengatasinya.

"Mereka tetap akan berpegang pada rancangan permainan yang membuat tim itu tak terkalahkan selama 24 pertandingan terakhir dan membawanya ke final. Tekanan sudah pasti ada. Tapi saya yakin mereka mampu mengatasinya," tandasnya.

0 komentar: